Selasa, 07 Januari 2020

Benarkah Candi Borobudur Dibangun Nabi Sulaiman AS


Belakangan ini warga Indonesia dihebohkan dengan beredarnya isu bahwa salah satu candi peninggalan budha terbesar di Indonesia yaitu candi Borobudhur di sebut sebut di bangung oleh nabi sulaiman AS.
Kabar ini berdar sangat cepat di media sosial, untuk menjelaskannya teori KH Fahmi Basya yang menjelaskan bahwa Candi Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman AS yang dipublikasikan dalam buku Matematika Islam 3 (Republika, 2009). Akan tetapi hingga saat ini masih banyak yang percaya, namun tidak sedikit yang justru meragukan teori tersebut.
Nama Borobudur yang disebut dengan nama Budur yang muncul dalam manuskrip kuno Negarakertagama yakni karya Mpu Prapanca. Banyak Arkeologi yang menentang pendapat KH Fami Basya, karena banyak tanggapan yang menyatakan kurang tepat apabila pemamparan bukti hanya dengan matematika berdasarkan Al-Qur’an, karena Hindu dan Budha juga memiliki matematikanya sendiri.
Teori KH Fahmi Basya disebut-sebut tidak bisa diuji secara empiris atau cuma cocoklogi.
Cukup banyak referensi ilmiah yang menyatakan bahwa Candi Borobudur merupakan Candi Budha, mengingat kesamaan arsitekturnya yang sama dengan kuil-kuil Budha yang lainnya di dunia.
Sumber : phinemo
BETINGAN GAMES ONLINE ANDA DISINI >>>>>> +62 877 8612 9520

Tidak ada komentar:

Posting Komentar